Thursday 23 March 2017

10 Tren Web Development di Tahun 2017



Hello World!
So this is basically my first post :) dan mungkin topik yang bakal cocok buat dibahas di pos pertama yaitu seputar hal yang ringan-ringan terlebih dahulu.
Ngomongin masalah tren teknologi emang gak bakal ada habisnya, apalagi emang zaman-zaman sekarang itu yang namanya teknologi bener-bener udah gila banget perkembangannya. Kadang terlalu pesatnya perkembangan teknologi itu emang bikin orang-orang yang mau mulai berkecimpung di dunia teknologi (kayak saya) jadi agak bingung harus mulai dari mana atau mungkin teknologi apa yang bakal worth it buat dipelajari.
Saya gak bakal bahas tren teknologi secara umum tapi bakal lebih spesifik ke ranah teknologi web karena emang saya sendiri lagi belajar web dan juga kayaknya teknologi web emang bener-bener pesat banget perkembangannya.
Oke langusung aja disini saya udah buat daftar 10 hal yang menjadi tren web development di tahun 2017.

Responsive Design

Responsive design ini emang sudah sangat jelas makanya ada di nomor pertama. Tapi kalo belum 'ngeh' kenapa alasannya yaitu karena access website di tahun 2017 ini gak cuma dari komputer/laptop aja, tapi dari banyak device semisal smartphone, tablet atau bahkan smartwatch. Nah, karena itu web yang dikembangin responsive atau bisa menyesuaikan tampilannya tergantung device yang dipakai itu bakal tetep jadi tren di tahun 2017 ini.

Real Time Notification

Real time notification awalnya emang dibuat cuma untuk aplikasi chat aja, namun di tahun 2017 ini hal-hal seperti laporan-laporan pemberitahuan yang ada di sebuah dashboard harus sudah harus mendukung real time notification. Hal tersebut penting untuk mempercepatnya proses pengambilan keputusan bagi si user.
Real time notification juga mungkin tidak dibutuhkan dibeberapa situasi, namun sangat dibutuhkan dibeberapa hal lainnya.

Modular Design

Ada banyak framework dan library baik itu disisi frontend mau pun backend yang berkembang di tahun 2017. Penggunaan framework dan library dalam pembuatan dan pengembangan web ini membuatnya menjadi lebih flexible dan lebih rapih, terlebih jika dikembangkan oleh beberapa orang.
Tren development di tahun 2017 ini mengacu pada pengembangan pola MVC (Model View Controller) baik disisi frotend dan backend. Banyak framework dan library yang bisa digunakan seperti Laravel, Django, RoR, AngularJs, React Js dll.

Live Support

Banyak web-web bisnis professional yang sudah mulai meninggalkan interaksi dengan customer dengan cara email. Selain memang lebih lambat komunikasi dengan email juga tidak efektif karena pastinya akan menjadi komukasi yang formal. Nah, untuk itulah live support hadir sebagai pembaharu yang membuat komukasi jadi lebih efektif dan efisien.

Single Page Application Design

Contoh teknologi dibalik single page application design adalah AJAX (Asyncronous Javascript and XML). Hal ini penting karena dengan adanya teknologi ini, si user tidak perlu membuat website reload terlebih dahulu karena semua hal dapat dilakukan di halaman yang sama.

Browser Based IDE's

Teknologi IDE memang masih lebih banyak ada di ranah desktop, namun di tahun 2017 ini teknologi semacam ini akan pesat berkembang. Saya sendiri sudah banyak menemukan banyak Cloud IDE yang ringan dan cukup powerfull.

Browser Based Caching

Website yang bagus itu memang yang banyak berisi konten-konten multimedia sehingga designnya terlihat bagus dan elegan. Namun disisi lain memang hal tersebut membuat web menjadi lebih lambat untuk dimuat. Nah itu lah mengapa penggunaan cache masih diperlukan di 2017 ini agar mengurangi dampak lambatnya loading website.

HTML Compression

Hal ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya namun saya buat terpisah karena memang belum dibahas secara luas karena faktanya banyak web developer yang masih mencari opsi terbaik untuk HTML compression library ini.

Version Control

Yes, version control - Git.
Mungkin sudah banyak yang familiar dengan git. Dan penggunaan git version control ini sangat amat diperlukan dalam pengembangan web di tahun 2017 ini. Ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa digunakan seperti github, bitbucket, mercurial dan subversion.

Material Design

Last but not least.
Ada material design yang lagi booming beberapa tahun terakhir dan pastinya masih akan booming di tahun 2017 ini.

Itulah beberapa hal yang saya pikir akan menjadi tren pengembangan web di tahun 2017 ini. So be a good developer!

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon