Saturday 25 March 2017

Mengapa Banyak Developer Membenci PHP?

Tags



Hello World!

Well, sebenarnya masalah ini sudah banyak sekali dibahas dibanyak forum, baik itu di forum-forum programmer seperti stackoverflow sampai grup-grup facebook. Dari yang bisa saya simpulkan kebanyakan developer memang menganggap PHP is a dying language, kuno, dll. Ya saya setuju dengan itu karena jika dibandingkan dengan bahasa lain seperti python atau ruby misalnya, php sudah terlalu outdated.
Berikut ini sudah saya himpun beberapa alasan mengapa banyak developer yang membenci PHP.

Insecure Programming Style.

Sintaks dari PHP mendorong kita untuk dapat memasukan nilai/data secara langsung ke database dan menampilkannya di HTML dengan tanpa pengamanan yang menimbulkan banyaknya peluang untuk sql injection dan cross site scripting attack. Untuk dapat menanggulangi itu semua kita harus cermat dalam mengolah script dan menggunakan beberapa fungsi yang disediakan PHP dengan nama yang terlalu panjang seperti htmlspecialchars() atau myql_real_escape_string().

Terdapat banyak masalah keamanan

Hal ini masih berhubungan dengan masalah yang pertama. Di PHP itu sendiri memang banyak sekali kekurangan  dalam hal keamanan, sehingga banyak membuka peluang yang cukup besar bagi para hacker untuk dapat masuk ke dalam sistem.

Dokumentasinya sangat buruk

Ada beberapa dokumentasi yang kurang jelas bahkan ada juga dokumentasi yang menyarankan sesuatu tapi tetap tidak memberikan solusi. Contohnya saja mengenai cara untuk menghindari cross site scripting attack yang nyatanya malah rentan terkena cross site scripting attack.

Referensi PHP yang tidak masuk akal

Referensi PHP dianggap dapat menyebabkan pola pikir logis kita jadi salah sehingga nantinya akan dapat menghambat dan mempersulit kita dalam mempelajari bahasa lain.

Itulah beberapa hal yang saya garis bawahi mengenai masalah mengapa banyak developer yang membenci PHP. Meskipun demikian bagi saya tetap saja tidak ada salahnya jika ingin memperlajari PHP karena yang salah itu adalah yang tidak belajar sama sekali :D

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon